Tuesday, February 9, 2016

StuPA A : Condominium and Mall Project (Part 1)

Semester ini aku mengambil studio proyek arsitektur A yang berfokus kepada perancangan bangunan tinggi. Program pada bangunannya tidak hanya satu fungsi saja tetapi bisa dua fungsi atau lebih yang ada di dalam satu bangunan, bangunan seperti ini disebut Mix-Use Building. Karena fokus proyek ini mengenai perancangan bangunan tinggi maka dari itu aku merancang satu bangunan yang terdiri atas podium dan tower.


Untuk proyek yang aku lakukan, pada awalnya dilakukan penentuan di mana lahan yang akan dilakukan pembangunan di atasnya, baru kemudian dianalisa program apa saja yang cocok untuk disediakan di lahan tersebut. Aku memberikan opsi 3 lahan yang aku temukan di daerah Scientia-Summarecon Serpong, Jalan BSD Raya Utama-depan bangunan Forest Office Loft, dan satu lagi di belakang Summarecon Mall Serpong. Dari ketiga lahan tersebut aku analisa lebih dalam mulai dari analisa makro, analisa mikro kawasan dengan radius 5 km dari lahan, serta analisa lahan dan daerah sekitarnya yang berbatasan langsung.




*analisa lahan terpilih di belakang Summarecon Mall Serpong*


Terpilihlah lahan yang paling potensial adalah yang di belakang Summarecon Mall Serpong. Karena akses ke tempat tersebut cukup mudah dari mana saja. Lokasi yang sudah ramai dan berada di Jalan utama di mana area komersial, area perkantoran, dan area residensial sudah sangat ramai. Dari hasil analisaku juga program pada bangunan yang akan dirancang adalah untuk kondominium pada tower dengan Mall yang berhubungan langsung dengan SMS 2, aku menyebutnya SMS 3 hahaha.


Konsep yang aku ambil untuk proyek kondominium ini adalah URBAN FOREST. Jadi aku ingin tempat ini menjadi tempat kehidupan kaum urban yang dapat merasakan nuansa alam di ruang yang dirancang. Karena manusia secara natural butuh hidup berdampingan dengan alam. Maka dari itu konsep dipilih untuk memberikan fasilitas tersebut kepada pengguna ruang.






Untuk inspirasi yang menjadi preseden sendiri aku mengumpulkannya sesuai dengan konsep Urban Forest pada board berikut, :






Pada saat ini proses pra-rancangan masih berlangsung.
Karena masih menentukan akses, zona fungsi ruang, dan bentukan massa untuk nantinya dipresentasikan pada tanggal 23 Februari 2016 mendatang.


Semoga prosesnya lancar, mohon do'anya~





No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...